Tanggung Jawab Fasilitator – Outbound Jogja – Outbond Jogja

Unison Team Building Training And Outdoor Activity

Outbound Jogja- Team Building Jogja-Unison Team Building Training and Outdoor Activity

Tanggung Jawab yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Fasilitator

Fasilitator sebagai ujung tombak di dalam outdoor training memiliki peran yang vital di dalam keberhasilan outdoor training. Oleh sebab itu, seorang fasilitator yang memiliki tanggung jawab sebagai berikut:

  1. Memilih metode training yang tepat setelah menentukan tujuan dari training. Metode tersebut harus sesuai dengan kebutuhan partisipan/ peserta bukan kebutuhan fasilitatornya.
  2. Fasilitator harus bisa membuat atau menyediakan atmosphere pelatihan yang mendukung partisipan/ peserta untuk dapat menikmati aktifitasnya, karena orang akan lebih cepat dan lebih baik belajar jika menikmatinya.
  3. Jika fasilitator memilih untuk menggunakan pelatihan yang terstruktur, penting untuk mencoba pelatihan tersebut setidaknya sekali dengan sebuah kelompok.
  4. Pelatihan terstruktur ini harus dievaluasi untuk melihat keefektifannya, jika tidak menghasilkan apa yang diperlukan, pelatihan ini dapat dimodifikasi.
  5. Fasilitator harus memastikan bahwa partisipan tidak hanya berkutat dengan aktifitas permainan saja, tetepi tetap mendapatkan learning pointnya.
  6. Fasilitator mempunyai tanggung jawab untuk memastikan kejelasan dan ketelitian dari informasi.
  7. Fasilitator juga bertanggung jawab untuk mengarahkan kelompok dan menjaga kelompok agar tetap bergerak dan maju.
  8. Tanggung jawab lainnya, seorang fasilitator harus selalu mengasyikan, hal inilah kegunaan dari sisi entertainment seorang fasilitator.
  9. Jika fasilitator berada di dalam situasi dimana tipe dari feed back dibutuhkan (seperti consultant), maka bermacam-macam bentuk metode training dibutuhkan, seperti games, simulasi, role-play dan pelatihan terstruktur.
  10. Fasilitator bertanggung jawab untuk mengendalikan dan menguji semua latihan-latihan baru atau latihan yang belum pernah digunakan.

 

(UNISON – Sumber: Kroehnert, Gary. 100 Training Games. 1991. McGraw-Hill Book Company Australia, Sydney.)

Outbound jogja – Team building jogja – Outbound di Jogja

« Back to Blog