PROGRAM

[divider]

LOKASI PROGRAM

LOCATION

Untuk lokasi dapat menyesuaikan sesuai permintaan klien. Secara umum UNISON melayani di semua lokasi di seluruh Indonesia, seperti pulau Jawa, Bali, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, hingga Papua.

[divider]

 ACTIVITY

 Indoor Training

Dalam training indoor, kami menggabungkan teori dengan games indoor untuk membantu peserta memahami materi yang diberikan. Permainan – permainan yang kami berikan akan membantu peserta untuk menerapkan langsung materi yang telah disampaikan. Permainan – permainan ini juga membantu peserta untuk mendapatkan insight dari dalam diri peserta sendiri.

amazing race

[divider]

 Amazing Race

Peserta akan menikmati icon-icon tempat wisata di Jogja dengan cara yang berbeda. Dari titik start (Hotel), peserta harus menyelesaikan tantangan sebelum dapat mengetahui lokasi tempat wisata yang harus dikunjungi, serta bagaimana cara mencapainya. Peserta dapat disewakan Andong, Mobil+driver, atau sepeda (sesuai permintaan dan lokasi tempat wisata). Disetiap icon tempat wisata, peserta juga harus menyelesaikan  tantangan dan memecahkan clue sebelum menuju pos tempat wisata selanjutnya.

Amazing race juga dapat dikombinasikan dengan aktivitas outdoor training. Secara umum peserta akan melalui beberapa pos simulasi. dalam pos simulasi terdapat tantangan yang harus terselesaikan dahulu sebelum dapat berangkat ke pos selanjutnya. Tantangan bisa berupa simulasi ataupun tugas – tugas lain seperti foto selfie, mencari barang – barang tertentu dll. Kecepatan menjadi salah satu ukuran kemenangan.

amazing race

[divider]

Outdoor On Location

Peserta akan beraktivitas di satu lokasi yang cukup besar. Lokasi sudah diseting terlebih dahulu dengan menarik. Peserta tetap akan berpindah pindah pos namun tetap di satu lokasi.

outbound

[divider]

Tracking

Peserta akan berjalan menyusuri alam untuk menuju ke pos – pos simulasi. Untuk menuju pos permainan, kelompok akan diberikan clue – clue berupa arah koordinat arah dan petunjuk – petunjuk lain. Peserta akan dibekali kompas bidik dan peta lokasi.

tracking

[divider]

Camping

Dalam kegiatan camping ini, peserta akan tidur di tenda – tenda yang telah disediakan. Salah satu pembeda kegiatan ini adalah peserta akan merasakan memasak makanannya sendiri.

camping

[divider]

Adventure

Dalam aktivitas Adventure, peserta akan mendapatkan tantangan alam yang lebih sulit atau menantang daripada aktivitas Tracking. Aktivitas Adventure dapat berupa Jungle Tracking ataupun Survival dengan keamanan tetap menjadi prioritas.

Jungle tracking

[divider]

Offroad Lava Tour Merapi

Peserta akan menyusuri area bekas erupsi merapi menggunakan Jeep 4×4, menyaksikan pemandangan alam gunung Merapi pasca erupsi. Peserta juga akan dikisahkan mengenai cerita-cerita saat erupsi gunung merapi oleh Driver dari Jeep Lava tour. Peserta juga akan diajak untuk menyadari keberadaanya sebagai bagian dari alam.

Offroad Lava Tour Merapi ini dapat sebagai sebagai aktivitas final/ akhir dari rangkaian kegiatan, ataupun sebagai dikombinasikan dengan outdoor training sehingga peserta akan berhenti dilokasi – lokasi untuk menyelesaikan simulasi – simulasi outdoor training.

offroad

[divider]

Offroad lokasi lain

Offroad juga dapat dilakukan dilokasi lain, misalnya di gua pindul.

offroad

[divider]

Tubing Gua Pindul dan Sungai Oya

Peserta akan menyusuri keindahan sungai bawah tangan (Gua Pindul), serta sungai Oya dengan Ban (tubing). Jika dikombinasikan dengan outdoor training, maka akan ada misi khusus di pintu masuk dan pintu keluar, serta lokasi – lokasi lain di sekitar gua pindul dan sungai oya.

pindul

[divider]

Rafting

Rafting atau yang biasa disebut arung/arum jeram merupakan kegiatan mengarungi sungai menggunakan kapal karet dan didampingi oleh River guide/skipper (orang yang membantu mengemudikan dan mengarahkan  kapal) untuk pemula. Untuk tipe sungai yang akan diarungi juga disesuaikan dengan pengalaman berarung jeram dari peserta.

Rafting dapat digunakan sebagai aktivitas final/ akhir dari rangkaian kegiatan, ataupun sebagai dikombinasikan dengan outdoor training sehingga peserta akan berhenti dilokasi – lokasi untuk menyelesaikan simulasi – simulasi outdoor training.

rafting

[divider]

Paintball

Peserta akan bermain ”tembak-tembakan” menggunakan peluru Cat. Peluru Cat berbentuk bola kecil berisi cat berwarna. Paint Ball Gun menggunakan tenaga Gas. Setiap pemain akan diberikan 1 buah Paint Ball Gun dan 25 buah peluru cat. Pemain yang terkena tembakan akan terlihat karena terdapat bekas cat yang menempel di tubuhnya. Pemain yang terkena tembakan harus segera keluar dari area permainan. Contoh Skenario: Total Eliminasi, Capture The Flag, Rescue Hostage. Sebagai aktivitas akhir.

paintball

[divider]

Board Games dan Card Games

Peserta akan memainkan permainan berjenis Board Games ataupun Card Games. Peserta tidak sekedar memainkan perminan tersebut, namun ada nilai-nilai dari permainan board game dan card game yang akan dibahas bersama.

-Masih dalam tahap pengembangan Unison

[divider]

Cycling & Teamwork

Program ini merupakan perpaduan antara bersepeda dan outdoor training. Dalam program ini, peserta akan berkeliling desa wisata atau lokasi lain menggunakan sepeda. Dalam perjalanan bersepeda, peserta akan berhenti di pos-pos untuk menyelesaikan simulasi (permainan) team work/ team building.

Setiap peserta akan menggunakan 1 buah sepeda, dan untuk setiap kelompok akan didampingi oleh 1 fasilitator.
Untuk tema kegiatan dapat bervariasi, termasuk cara untuk menuju ke pos simulasi seperti penggunaan photo hunting pada tema Pandawa Adventure, penggunaan elemen pada tema The Story of Three Elements, ataupun tema – tema yang lain.
Kelompok peserta juga akan dibekali peta (buta) lokasi bersepeda, yang terdapat pos-pos simulasi sekaligus pos pengecoh, sehingga ketika peserta salah mengerjakan clue, peserta dapat menuju ke pos yang salah.

outbound-sepeda-jogja

[divider]

Culture Team Building

Program ini merupakan gabungan antara program pengembangan tim dengan belajar budaya lokal (nguri-nguri kabudayan – dalam bahasa Jawa).
Peserta akan beraktivitas di desa wisata ataupun sentra kebudayaan di jogjakarta/ kota lain. Peserta (dalam kelompok) akan diajak untuk melakukan aktivitas kebudayaan misalnya membatik, membuat wayang rumput, membajak sawah, belajar gamelan, belajar menari, mewarnai topeng, membuat gerabah, membuat gunungan, menangkap bebek, membuat janur, dan masih banyak lagi.
Budaya, sebagai salah satu kearifan lokal memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah dinamika kelompok yang membutuhkan komunikasi dan kerjasama, misalnya:
Menangkap bebek membutuhkan kerja sama tim, bagaimana membagi tugas dalam tim dan teknik khusus agar bebek dapat tertangkap dengan cepat.
Belajar gamelan dimana peserta diajak untuk belajar membaca not – not gamelan, sekaligus belajar menyelaraskan alat gamelan dengan alat gamelan lain, sehingga menciptakan irama yang baik. Hal ini merupakan salah satu bentuk dari sinergi dari sebuah tim/ perusahaan.
Membajak sawah, peserta akan memahami bagaimana sebuah proses yang dianggap sepele dapat mempengaruhi hasil akhir yang berkualitas.

[divider]

Final Games/Trilogy Games/ Pipeline & Water Wheel

Simulasi final ini merupakan salah satu dari beberapa simulasi final yang kompleks, dimainkan oleh semua peserta (peserta tidak lagi terbagi ke dalam kelompok-kelompok). Simulasi final memberikan makna bahwa sebuah keberhasilan atau kegagalan dari  organisasi/ perusahaan sangat dipengaruhi oleh keberhasilan ataupun kegagalan setiap bagian /divisi ataupun individu di dalamnya. Simulasi final menggambarkan sebuah organisasi/ perusahaan yang tediri dari banyak bagian. Simulasi final ini terdiri dari banyak permainan, seperti:

Pipeline, dimana peserta diminta untuk menyusun rangkaian pipa yang nantinya akan dialiri air. Rangkaian pipa harus efektif dan efisien, serta kuat agar air dapat mengalir dengan lancar dan tidak terbuang percuma.

Water Wheel, merupakan sebuah kincir air yang akan berputar jika dialiri oleh air, dan ketika sudah berputar akan membuka harta karun secara perlahan – lahan. Akan tetapi Water Wheel ini tetap harus dijaga oleh peserta agar dapat berputar dengan lancar.

Permainan Air, merupakan beberapa permainan untuk mengumpulkan air sebanyak-banyaknya agar dapat dialirkan di rangkaian Pipeline. Jumlah air yang terbatas, akan membuat peserta menggunakan cara terbaik agar air tidak terbuang sia – sia.

Simulasi final ini akan diberi batasan waktu, dari penyusunan strategi sampai dengan pelaksanaan.

Outbound Menarik Jogja

[divider]

High Rope

High Rope atau permainan-permainan menggunakan tali (kawat baja) diketinggian merupakan permainan yang sangat menantang dan digemari oleh banyak orang. Salah satunya adalah Flying fox atau lebih dikenal dengan Zip Wire.

Dalam Flying Fox peserta akan meluncur dari ketinggian melalui seutas kawat baja yang dibentangkan. Peserta akan meluncur menggunakan alat khusus yang diikatkan ke badan peserta.

Wahana flying fox ini kami persiapkan sesuai permintaan klien (bongkar pasang). Untuk instalasi flying bongkar-pasang, kami menggunakan jasa pihak ketiga yaitu Gorilla Team yang berpengalaman di bidang high ropes dan safety procedur.

[divider]

PENJELASAN TEMA/ KONSEP

[toggle]
[toggleTitle] Tema perusahaan [/toggleTitle]
[toggleBox]

Tema outdoor training juga dapat menyesuaikan sesuai dengan permintaan klien(perusahaan, instansi, ataupun yang lain). Tema dapat berkaitan dengan produk atau layanan perusahaan, nilai – nilai (values) perusahaan, sejarah, ataupun hal – hal lain.

program outbound bca

[/toggleBox][/toggle]

[toggle]
[toggleTitle]Pandawa Adventure[/toggleTitle]
[toggleBox]

Kelompok dihadapkan pada tantangan – tantangan dalam kehidupan kerja dan sehari – hari (diibaratkan permainan/ simulasi). Suasana kompetisi akan tercipta melalui tema/ konsep ini, namun bukan kompetisi yang saling menjatuhkan melainkan kompetisi yang saling mendukung dengan kelompok lain. Peserta akan diberikan sebuah cerita yang terinspirasi dari cerita pewayangan yang penuh nilai – nilai kebaikan, dan terhanyut dalam suasana yang penuh keceriaan dan kegembiraan.

pandawa adventure

[/toggleBox][/toggle]

[toggle]
[toggleTitle] Three Elements[/toggleTitle]
[toggleBox]

Peserta sebagai seorang pribadi dan anggota kelompok akan menegosiasikan ego serta keinginan pribadinya, dengan diri sendiri, kelompok sendiri, orang lain dan kelompok lain dalam menyelesaikan simulasi/ tantangan. Pengolahan ego dalam diri sendiri dan kelompok menjadi hal utama dalam tema/ konsep ini. Peserta akan disajikan pada cerita fiksi mengenai perjalanan pasukan kerajaan, yang menarik dan penuh tantangan serta keceriaan.

three elements

[/toggleBox][/toggle]

[toggle]
[toggleTitle] Guerrilla Warfare (Perang Kemerdekaan) [/toggleTitle]
[toggleBox]

Peserta akan dihadapkan pada sebuah metafora perang kemerdekaan (yang terinspirasi pada sejarah lokasi outdoor training). Peserta akan menyelesaikan simulasi – simulasi yang diibaratkan sebagai perangkap, serangan balik, ataupun strategi untuk mundur dari pasukan penjajah. Peserta akan terhanyut dalam cerita perang kemerdekaan yang sarat perjuangan.

[/toggleBox][/toggle]

[divider]

PRODUCT

Unison Team Building Training and Outdoor Activity. Selain bergerak di bidang jasa pelayanan dan pengembangan sumber daya manusia secara profesional, kreatif dan inovatif, kami juga menyediakan beberapa jenis alat untuk kegiatan team building ataupun outbound. Alat-alat team building ini merupakan hasil dari kreatifitas team Unison yang diranang sendiri. Sebelum alat ini di produksi banyak, juga sudah disediakan reset.

Untuk lebih jelasnya, kunjungi website Unison Games.